Kamis, 15 September 2016

Tradisi Moci Tegal 
Yang Hangat dan Menghangatkan



Moci atau tradisi minum teh sudah lekat dengan kota Tegal. Tradisi yang hangat sehangat seduhan tehnya. Moci di sini maksudnya adalah minum teh yang dihidangkan dengan seperangkat poci/teko/ketel yang terbuat dari tanah liat. Orang-orang tegal biasa menyeduh teh dalam poci dengan teh yang wasgitel (wangi, sepet, legi dan kentel). Inilah teh khas tegal yang mempunyai ciri wangi, sepat (tidak terlalu pahit, tidak terlalu hambar), manis dan kental. 
Aroma wangi karena teh telah bercampur dengan bunga melati. Rasa sepat berasal dari komposisi teh yang tidak hanya berasal dari daun teh tapi tangkainya pun ikut diolah. Cita rasa yang dihasilkan adalah sedikit pahit tapi tidak hambar. Manis dan kentalnya berasal dari gula batu. Inilah yang membedakan teh Tegal dengan teh kota lain. Di Tegal, minum teh poci ini biasanya dicampur dengan gula batu. Gula batu ini lama kelamaan akan mencair dan teh akan mengental. Perpaduan teh dan gula batu akan membuat moci berasa kental dan manis.
Tradisi moci ini terbilang unik karena dari sisi sosial, moci adalah ajang kumpul-kumpul dan silaturahim bagi orang-orang Tegal. Orang-orang Tegal sambil moci kemudian akan ndopok (ngobrol) sambil duduk melingkar. Sebuah tradisi yang bermanfaat karena akan saling mengakrabkan satu sama lain.
Sisi lain yang bermanfaat dari tradisi moci ini adalah tradisi nyangking gula teh saat berkunjung ke rumah saudara. Biasanya orang Tegal kalau akan berkunjung ke rumah saudaranya akan nyangking gula teh. Maknanya adalah saling berbagi dan rasa gotong royong. Itulah tradisi hangat yang terkandung dalam filosofi tradisi moci. hangat dan menghangatkan. Akrab dan mengakrabkan. Tradisi Tegal Laka-Laka. 
Bagi orang Tegal, teh juga bukan sekedar bahan baku untuk membuat minuman, melainkan juga sebagai cendera mata. Ketika seseorang menggelar hajatan, maka teh akan dikemas sedemikian rupawan hingga bisa dibagikan kepada tamu sebagai kenang-kenangan. Itulah bentuk cinta orang Tegal terhadap teh.

Begitu dekatnya teh poci dengan warga tegal sehingga teh poci kemudian menjadi ikon Tegal. Kalau Anda memasuki kota Slawi ataupun Tegal maka anda akan disambut dengan ikon poci dan cangkirnya. Dan teh inilah yang kemudian menggiatkan perekonomian di Tegal melalui pabrik-pabrik teh yang ada. 
Jadi, apabila anda kebetulan mampir di Tegal, jangan lupa untuk menikmati moci khas Tegal ditemani dengan sepiring tahu aci yang gurih-gurih nyoi. Ketika anda nyruput secangkir teh Tegal anda akan menikmati sensasi kehangatannya, sehangat penduduk kota Tegal yang Laka-Laka......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar